Anak Pintar dan Kreatif, Mau? Lakukan ini!

Ad Blocker Terdeteksi

Untuk Membaca Berita Silahkan Disable/Matikan Terlebih Dahulu Ad Block Nya Setelah Itu Klik Refresh Halaman Terimakasih

Anak pintar dan kreatif merupakan dambaan setiap orang tua. Anak yang pintar baik secara emosi atau kecerdasan otaknya mencerminkan prestasi ibu dan ayahnya dalam mendidik dan mengarahkan sang anak.

anak pintar dan kreatif

Tetapi diantara kebanyakan orang tua banyak yang merasa belum bisa membuat anak pintar dan kreatif, sebab selama ini mereka (Ibu dan Ayah) tersibukan dengan pekerjaan. Wajar saja kemudian merasa demikian, saat ini jamannya genderisasi di semua bidang terlihat dengan adanya para perempuan atau ibu rumah tangga yang berperan ganda baik sebagai ibu di rumah juga sebagai wanita karir di kantornya.

Menjadikan anak pintar dan kreatif memang tidak seperti mudahnya membalikkan telapak tangan yang hanya berkata lalu terbukti, tetapi banyak sekali faktor pemicu atau indikator yang harus dipenuhi orang tua untuk mencapai tujuan ini.




Pada kenyataannya, antara faktor dalam dan luar diri anak sangat mempengaruhi perkembangan anak. Dalam hal ini faktor dalamnya adalah nutrisi atau asupan makanan untuk sisi luarnya adalah lingkungan dan pendidikan formal serta non formal yang didapatkan dari lingkungan.

Pada Tulisan ini, menekankan pada objek anak berusia sekolah dasar dan TK, dimana perasaan para orang tua yang tidak puas dengan perkembangan terhadap tingkat kecerdasan dan kurang meningkatnya kreativitas anak.

Baik, tidaklah perlu jauh untuk para orang tua untuk menjadikan anak pintar dan kreatif adalah dengan memberikan asupan nutrisi atau makanan dan pendampingan pertumbuhan anak yang harus dilakukan.

Tips agar anak pintar dan kreatif

Hai Orang Tua, lakukan ini agar anak pintar dan kreatif

#1. Berikan asupan makanan yang tepat

Tahukah anda dalam pendidikan militer atau kepolisian juga pendidikan tenaga kesehatan tentang pentingnya asupan makanan yang dibutuhkan seseorang dalam hitungan waktu tertentu. Bahwa, patokan yang menjadi utama bagi seseorang dalam seharinya itu dihitung berdasarkan kegiatan yang dilakukannya agar mendapatkan tenaga dan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi secara tepat, begitu juga pada posri makanan yang diberikan seorang dokter atau ahli gizi di rumah sakit menghitung kadar nutrisi yang diperlukan seorang pasien berdasarkan keadaan tubuhnya.

Jadi dengan kata lain, nutrisi yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan keadaan tubuh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu, begitu pula untuk anak yang sedang tumbuh besar dan dalam tahap belajar maka harus terpenuhi nutrisinya.

secara bebas mungkin bisa di analogikan seperti seorang buruh angkat barang tidak mungkin makannya hanya sesuap nasi saja, tetapi akan makan banyak karena energi yang dikeluarkan dan tenaga yang akan dikeluarkan harus besar maka nutrisi makanan yang masuk juga harus besarporsinya.

Nah, kira kira seperti itu.

Jadi, sekarang tinggal evaluasi apakah anak kita sudah mendapatkan nutrisi yang cukup atau belum?

#2. Pantau perkembangan otak anak

Cukup mudah untuk melakukan pemantauan terhadap peningkatan anak, hanya saja kita harus tahu ukuran yang telah dipelajari anak misalkan dia sebelumnya mempelajari suatu pelajaran perhitungan penjumlahan, maka tinggal anda lihat bagaimana kemampuan anak sejauh ini apakah sudah berapa prosentase keberhasilan dalam mempelajarinya.

Namun, tidak juga harus lebih seperti diktator yang selalu menanyakan terus, sebab akan membuat anak justru akan malas. caranya dengan memberikan simulai yang menyenangkan.

dan jangan diajak untuk diarahkan tetapi melakukannya seolah sedang bermain.

caranya?

coba saja anda belikan susu sachetan sebanyak 3 buah, kemudian berikan sambil simulasikan dengan menghitungnya.

ini cara memantau otak anak dalam kontek bermain tetapi mengena pada anak dan akan terus ada dalam otak anak.

#3. Berikan sarana penunjang meningkatnya kreativitas anak

Tidak akan juga mencapai tujuan bahwa anak akan cepat menguasai sesuau yang dipelajarinya jika sarana penunjangnya tidak di fasilitasi orang tua. karena ini bersifat dari faktor luar tubuh anak sebagai pelengkap, maka perlu juga diperhatikan terutama dalam urusan melatih kreativitas anak.

Ada banyak sarana atau alat untuk meningkatkan kreativitas anak misalkan alat tulis, Alat Peraga Edukatif (APE), atau lain lainnya.

Alat tulis disini adalah alat tulis yang berwarna yaitu pensil warna yang bagus perlu anda berikan kepada anak, dan sediakan kertas gambar untuk dijadikan sebagai alat untuk mengekspresikan kreativitas anak, jangan larang anak bila sedang mencorat coret, sebab dengan tarikan garis pensil pada kertas saja sudah bisa dikatakan sebagai kreativitas anak yang luar biasa.

disarankan memberikan pensil aman, nyaman dan membuat anak senang dalam menggunakannya.

BACA: Staedtler Pensil Terbaik untuk Anak

Pensil terbaik untuk anak bisa didapatkan dengan harga murah dan sudah tersedia di tempat toko alat tulis.

#4. Evaluasi cara mendidik

Mengevaluasi adalah tindakan yang tepat untuk mengukur semua yang didapatkan anak supaya pintar dan kreatif, sebab dengan mengevaluasinya bisa terlihat sejauh mana anak bisa atau tidak bisanya tentang sesuatu.

Untuk melakukan pengevaluasian terhadap apa yang dilakukan anak tidak harus melihat dan bertanya langsung kepada anaknya, tetapi bisa dilakukan dengan cara melihat perkembangan anak baik dari emosional dan kecerdasan otaknya.

setelah terlihat, dan terukur maka bisa disimpilkan apa yang harus dilakukan dan apa yang kurang dalam memberikan kebutuhan yang harus dipenuhi anak agar anak pintar dan kreatif.

Meningkatnya kreativitas anak adalah ukuran dari anak pintar dan kreatif dengan pemenuhan sarana yang tepat dan terpenuhi oleh orang tuanya, seperti memberikan pensil terbaik untuk anak.

Semoga bermanfaat.

Untuk Lebih jauh bisa anda baca tentang ini di id.wikipedia.org

Leave a Reply

No Preview
Wajib BACA, Anda Pernah Copas Status Pengacara M. Mahendra Maskur Sinaga, S.H., M.H., M.H.D di Wall Facebook anda? Ternyata ini dia fakta sesungguhnya
cara menghilangkan jerawat
Menakjubkan Dalam Semalam, Jerawat Bandel Hilang dan Tidak Muncul Lagi Dengan Daun Kemangi
Dalam 2 Menit”’ Mata Jadi Jernih”Asam Urat Sembuh Total” Diabetes dan Kanker Akan Terobati”’Dengan Daun Kelor.. Tolong Bagikan Begini Cara Meramunya !
bahaya nasi dari magic com
Mamah Muda Harus Tau.. Ini Bahaya Nasi Dari Magic Com Yang Disembunyikan Dari Publik!