STRES DALAM PANDANGAN ISLAM

Ad Blocker Terdeteksi

Untuk Membaca Berita Silahkan Disable/Matikan Terlebih Dahulu Ad Block Nya Setelah Itu Klik Refresh Halaman Terimakasih

stress

Stres merupakan tekanan pada seseorang yang membuat orang tersebut harus bisa beradaptasi dalam menghadapinya.Jika seseorang dapat mengendalikan stres dengan baik,maka tekanan dalam dirinyapun akan berkurang dan berangsur membaik sehingga dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik lagi.

Namun,jika stres tidak berhasil dikuasai dan di kelola dengan baik,maka besar kemungkinan akan terjadi gangguan jiwa pada orang tesebut.Perlu di ketahui bahwa gangguan jiwa berasal dari stres yang tidak dapat di hadapi dengan baik.Karena itu,stres merupakan suatu kondisi atau keadaan bukan gangguan seperti halnya dia anggap oleh banyak orang saat ini.

Banyak hal yang dapat menyebabkan stres pada seseorang..Misalnya,siswa yang tidak lulus ujian nasional,bisa mengalami stres.Rakyat kecil yang mengalami kesulitan ekonomi,bisa mengalami stres.Dan masih banyak hal lain dalam kehidupan ini yang dapat memicu timbulnya stres.




Stres pada seseorang dapat terjadi akibat adanya ketidak sesuaian antara keinginan,harapan dan kenyataan yang terjadi.Dan dalam pandangan islam,stres dapat menjadi keputus asaan jika seseorang tidak dapat mengendalikannya.Padahal,jika kita yakin terhadap janji Allah,maka ingatlah bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk hamba-hambaNya.Apa yang kita fikir baik,belum tentu baik di mata Allah dan sebaliknya,apa yang kita fikir buruk belum tentu buruk di mata Allah.Dan Allah Maha mengetahui dan Maha Adil.

Putus asa dalam islam tidak diperbolehkan.Karena dengan berputus asa,seseorang dapat melakukan hal-hal yang menentang dan di larang oleh agama islam.Misalnya,ingin mengakhiri hidup diri sendiri karena sudah merasa tidak mampu untuk menghadapi masalah yang sedang terjadi,Na’udzubillaahi mindzalik.Keputus asaan dapat terjadi jika fikiran seseorang sudah dikuasai oleh syaithon yang mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang tidak baik.

Jika saat ini kita tengah d hadapkan dalam suatu masalah yang di rasa sangat berat,maka alangkah baiknya jika kita lebih mendekatkan diri kepada sang Khalik.Karena setiap masalah pasti ada solusinya dan Allah sudah mempersiapkannya untuk kita.

Ada beberapa cara menghilangkan stres menurut islam.Di antaranya yaitu :

Shabar dan Shalat

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S.Al-Baqarah : 45 yang artinya : “Jadikanlah shabar dan shalat sebagai penolongmu.Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat,kecuali bagi orang-orang yang khusyu.”

Stres dapat diatasi dengan bershabar.Shabar dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi.Menyadari bahwa setiap manusia di dunia ini pasti memiliki masalah yang berbeda-beda.Mengingat bahwa di luar sana masih banyak orang yang mempunyai masalah yang lebih berat daripada kita.Sedangkan dengan melaksanakan shalat maka jiwapun akan merasa lebih tenang dan masalah yang dihadapi pun akan menjadi lebih ringan.Karena dalam sholat ada untaian do’a yang kita panjatkan kepada Allah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan setiap do’a hamba-hambaNya.

Membaca Al-Qur’an dan Berdzikir

Membaca Al-Qur’an merupakan obat hati.Cobalah luangkan waktu anda untuk membaca Al-Qur’an.Karena disaat hati dilanda kegundahan dan kegelisahan,dengan membaca Al-Qur’an akan lebih tenteram.Sehingga kita tidak larut dalam masalah yang menjadi beban fikiran dalam hidup kita.

Berdzikir adalah mengingat Allah.Kita harus mengingat Allah dengan banyak menyebut nama Allah kapanpun dan dimanapun kita berada.Karena seperti halnya dijelaskan dalam ayat Allah bahwa “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Q.S.Ar-Ra’d : 28)

Selalu Bersyukur

Bersyukur adalah menerima setiap pemberian Allah dengan hati yang ikhlas.Seberapa besar rizki yang kita dapatkan,jika selalu kita syukuri maka kita akan terhindar dari keadaan stres yang membuat kita menginginkan hal yang bukan menjadi milik kita.Ingatlah,bahwa setiap yang ada pada diri kita adalah titipan yang suatu saat nanti akan kembali pada Allah.

Disamping ketiga hal diatas,kita juga harus selalu optimis dalam menghadapi setiap masalah.Tidak semua yang kita inginkan akan kita dapatkan.Kita wajib berusaha dan berdo’a,tetapi biarlah Allah yang memutuskan segalanya.Pasrahkan semuanya pada Allah.

Itulah beberapa cara menghilangkan stres yang di anjurkan dalam agama islam.Hal yang perlu diingat adalah bahwa “Sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan”.Itu adalah janji Allah bagi orang-orang yang beriman kepadaNya.

Maka dari itu,janganlah kita berputus asa terhadap suatu masalah,karena Allah bersama orang-orang yang shabar.Dan setiap manusia tidak akan diuji melebihi dari batas kemampuannya.Bershabarlah dan tetap mengingat Allah baik dalam keadaan senang maupun susah.

Leave a Reply

No Preview
Wajib BACA, Anda Pernah Copas Status Pengacara M. Mahendra Maskur Sinaga, S.H., M.H., M.H.D di Wall Facebook anda? Ternyata ini dia fakta sesungguhnya
cara menghilangkan jerawat
Menakjubkan Dalam Semalam, Jerawat Bandel Hilang dan Tidak Muncul Lagi Dengan Daun Kemangi
Dalam 2 Menit”’ Mata Jadi Jernih”Asam Urat Sembuh Total” Diabetes dan Kanker Akan Terobati”’Dengan Daun Kelor.. Tolong Bagikan Begini Cara Meramunya !
bahaya nasi dari magic com
Mamah Muda Harus Tau.. Ini Bahaya Nasi Dari Magic Com Yang Disembunyikan Dari Publik!