zhanot.com

    unlimited information

    img

    Belajar Matematika Dengan Mudah

    /
    /
    /
    17 Views

    metode belajar matematika

     

    Belajar matematika | kebanyakan siswa di Indonesia, pelajaran yang paling sulit adalah pelajaran matematika karena harus menggunakan daya hitung yang sangat tajam dan siswa sangat malas sekali untuk belajar matematika dan pada akhirnya nilai yang di peroleh pun jauh dari apa yang kita inginkan.

    Sebenarnya pelajaran matematika tidak sesulit yang kita bayangkan dan pelajarannya sangat mudah.

    Mungkin cara mengajarnya saja yang salah karena tidak mudah di pahami oleh siswanya. Jika kita menggunakan cara yang menarik dan mudah di mengerti maka seorang siswa akan mudah sekali untuk dapat mengerti pelajaran matematika.

    Jika siswa sudah mengerti dan mampu menguasai pelajaran matematika, maka pelajaran tersebut akan sangat menyenangkan.

    Bukan hanya pelajaran matematika saja yang harus menggunakan metode yang unik agar di pahami oleh siswanya tetapi pelajaran yang lain juga harus menggunakan cara yang menarik agar anak atau siswa senang dalam belajar. Berikut ini akan kita bahas cara yang sangat menarik dan unik agar siswa pandai dalam belajar matematika.

     

    Sekarang ini banyak sekali bimbingan belajar yang menggunakan metode yang menyenangkan dan dapat membuat siswa lebih rajin dalam belajar matematika dan siswa juga akan mencintai pelajaran matematika.

    Cara Belajar Matematika Dengan Mudah

    berikut adalah cara atau metode mengajar matematika agar siswa mudah dalam belajar matematika

    1. Metode kumon

    Sesuai dengan namanya, bahwa metode kumon berasal dari negeri sakura yaitu negara Jepang. Yang menemukan metode ini adalah Toru Kumon. Hingga saat ini mungkin guru yang ada di Indonesia masih belum mengenal lebih dalam tentang metode kumon padahal mungkin mereka atau guru sudah melakukan metode seperti ini tetapi tidak tahu nama metodenya.

    Metode kumon tidak mengenal tingkatan kelas dan usia tetapi lebih mengedepankan kemampuan siswa itu sendiri.

    Bisa saja anak kelas 6 levelnya berada di bawah anak kelas 5 atau tiga. Metode kumon ini di lakukan 2 kali dalam satu dan setiap pertemuan akan diberikan soal-soal untuk bisa di kerjakan di rumah dan orang tua bisa membimbingnya agar anak fokus dalam mengerjakan soal-soal yang telah di berikan.

    BACA JUGA : staedtler pensil terbaik untuk anak

    Soal yang di buat metode kumon ini sangat sistematis mulai dari yang paling rendah sampai ke tingkat yang sangat sulit sekali. Oleh karena itu kita sebagai orang tua atau sebagai guru tidak usah khawatir meskipun pertemuan hanya 2 kali dalam satu minggu tetapi anak akan mampu mengerjakan dengan sendirinya. Soal yang di buat sangat variatif dan akan membuat anak akan senang untuk dapat belajar matematika. Matematika itu sangatlah mudah jika kita mampu memahami pelajarannya.

    2. Metode Gasing

    Nama metode gasing sangat asik sekali untuk kita dengar sebagai guru SD atau pun guru khusus pelajaran matematika. Gasing merupakan singkatan dari gampang dan asyik yang artinya bahwa matematika itu pelajarang yang sangat mudah serta asyik sekali jika siswa mampu menguasai pelajaran matematika.

     

    Sebelum mengerjakan soal-soal dengan metode gasing, maka kita harus menguasai terlebih dahulu konsep dasar matematika seperti perkalian, pembagian, pertambahan dan pengurangan. Yang membedakan metode gasing dengan metode yang lainnya adalah cara menerapkan pemahaman tentang cara berhitung.

     

    Metode gasing menggunakan metode mencongak yang akan membuat siswa bisa berpikir dengan sangat baik sekali dan akan sangat mudah sekali untuk dapat memahami pelajaran matematika. Jika siswa belajar 4 jam dalam satu hari kemudian mampu menagkap dan memahami semua konsep pelajaran matematika, maka dalam kurun waktu 6 bulan, seorang siswa sudah bisa menguasai semua pelajaran matematika dari kelas 1 sampai kelas 6 SD.

     

    Itulah dua metode yang mungkin bisa kita pilih agar siswa dapat memahami konsep matematika dan bisa mencintai pelajaran yang mungkin di anggap sangat sulit dan di jadikan musuh bagi semua siswa yang ada di Indonesia.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    This div height required for enabling the sticky sidebar