Mengenal Kopi Organik

kopiNegara-negara maju seperti Amerika Serikat dan kelompok Negara-negara Eropa telah lama mengampanyekan isu pemeliharaan lingkungan. Meningkatnya kepedulian lingkungan masyarakat Amerika Serikat dan Negara-negara Eropa melahirkan desakan bagi produsen di Negara-negara berkembang untuk menerapkan manajemen lingkungan yang tepat dalam proses produksi. Salah satu proses produksi yang dikaitkan dengan prolingkungan adalah pertanian organik. Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Beberapa tanaman Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan dengan teknik tersebut salah satunya adalah kopi.

Pada dasarnya pertanian organik pada tanaman kopi adalah usaha pertanian dengan memperhatikan kesetimbangan alam, yang ditandai dengan sistem produksi pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami dan menghindari atau membatasi penggunaan bahan kimia sintetis seperti pupuk kimia atau pabrik, pestisida, herbisida, zat pengatur tumbuh dan aditif pakan. Produk kopi dari pola pertanian tersebut disebut kopi organik.

Pengembangan kopi organik cukup prospektif karena peluang pasarnya sudah terbuka, harganya relatif tinggi dan stabil (30-40% harganya lebih tinggi dibandingkan kopi non organik), teknologinya telah tersedia, serta didukung pemerintah dan lembaga penelitian. Misalnya apa yang dilakukan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember telah melakukan berbagai penelitian terhadap teknik produksi kopi organik. Diantaranya teknologi penyediaan bahan organik (kulit kopi, guguran daun penaung, dan rumput vetiver), teknologi proses pengomposan dan penggunaan jasad renik untuk menyuburkan tanah. Selain itu juga mengembangkan teknologi agar berbagai bahan organik yang tersedia di sekitar kebun dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung budi daya kopi organik. Selain itu, dalam aspek manajemen telah dikembangkan system inspeksi dan evaluasi secara sistematis dan periodic guna memonitor proses dan kualitas produk yang dihasilkan.

Selain keunggulan pola pertanian yang ramah lingkungan, kopi organik juga termasuk kategori kopi spesial karena memiliki citra dan cita rasa yang baik. Kopi spesial umumnya diberi nama sesuai dengan daerah atau kawasan penghasil produk tersebut. Misalnya Garut Coffea, Kilimanjaro coffea, Kona coffea, Kintamani coffea, Lintong coffea, Mandailling coffea, Baliem Coffea, Gayo coffea, dan java coffea; yang masing-masing memiliki citra khas yang berbeda satu sama lainnya. Misalnya Gayo Coffea memiliki kekentalan lebih ringan, keasaman seimbang, rasa cokelat dan tembakau. Bandingkan dengan Garut Coffea yang memiliki tingkat kekentalan dan keasaman yang diatas rata-rata kopi umumnya dan memiliki rasa dominan coklat dan rasa akhir rempah-rempah.




Kekhasan kopi-kopi ini bukanlah tanpa sebab, pada umumnya yang mempengaruhi citra rasa kopi adalah bahan tanaman, ketinggian tempat dimana kopi ditanam, panen, dan pengolahan. Indonesia memiliki lingkungan yang beragam sehingga menghasilkan jenis kopi yang beragam pula yang ditentukan lingkungan tumbuhnya kopi. Jika proses penanaman dengan menggunakan pola pertanian organik kekhasan itu dapat dipelihara dan ini merupakan sumber daya alam yang tidak bias diklaim negara lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan pasar dalam negeri terhadap kopi organik tumbuh pesat. Pengaruh global yang mendorong kesadaran masyarakat Indonesia terhadap produk yang ramah lingkungan menjadi faktor utama tingginya permintaan terhadap kopi organik tersebut. Kecenderungan semakin membaiknya penawaran dan permintaan produksi kopi organic menunjukan peluang untuk pengembangan kopi organik semakin terbuka. Akan tetapi pasokan kopi organik untuk saat ini belum bisa memenuhi tingginya permintaan tersebut. Hal ini disebabkan pengusahaan kopi organik belum dikembangkan dalam skala luas sehingga prospek agribisnis kopi organic sangat cerah.

M. Mahendra Maskur Sinaga
Wajib BACA, Anda Pernah Copas Status Pengacara M. Mahendra Maskur Sinaga, S.H., M.H., M.H.D di Wall Facebook anda? Ternyata ini dia fakta sesungguhnya
cara menghilangkan jerawat
Menakjubkan Dalam Semalam, Jerawat Bandel Hilang dan Tidak Muncul Lagi Dengan Daun Kemangi
Dalam 2 Menit”’ Mata Jadi Jernih”Asam Urat Sembuh Total” Diabetes dan Kanker Akan Terobati”’Dengan Daun Kelor.. Tolong Bagikan Begini Cara Meramunya !
bahaya nasi dari magic com
Mamah Muda Harus Tau.. Ini Bahaya Nasi Dari Magic Com Yang Disembunyikan Dari Publik!