Review Oculus Rift Pada Samsung Gear VR

Setelah kehadiran dari Palmer Luckey, kali ini Founder dari Oculus mencoba untuk mengeluarkan dan mengembangkan produk baru berupa Oculus Rift yang mulai sejak tahun 2010. Semakin lama ternyata semakin banyak orang mulai penasaran dengan teknologi ini dalam virtual reality.  mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah sesuatu yang asing.
Pada dasarnya VR adalah sebuah teknologi yang menjadikan para pemakainya mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara virtual atau hasil dari simulasi komputer. Lingkungan yang dimaksud di sini bisa jadi memang tiruan nyata atau juga hasil dari kreativitas pra pengembang virtual reality.
Salah satu vendor ponsel terkemuka asal Korea kini mulai merambah hal baru bekerja sama dengan Oculus untuk mengembangkan headset VR dengan merek Samsung Gear VR. Untuk satu kacamata ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.500.000.
Namun apakah benar dengan harga yang relatif murah tersebut bisa memberikan penawaran yang benar-benar menyenangkan? Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda. Yuk segera simak beberapa ulasan atau review dari Oculus Rift Samsung Gear VR berikut ini!

1. Desain yang Sederhana dan Solid

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai apa yang bisa Anda dapatkan dari Samsung VR, jauh lebih baik jika Anda tahu terlebih dahulu mengenai bentuk fisiknya. Gear VR ini tampil begitu elegan dan casual dengan penggabungan antara warna putih dan hitam. Desain yang diusung juga cukup sederhana namun masih saja terlihat begitu solid.
Sedangkan di sisi aksesibilitas, perangkat Oculus ini dibekali dengan beberapa tombol yang berguna sebagai navigasi. Tombol satu ini mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan dengan posisi apa lagi cara untuk menggunakannya. Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa khawatir sebab selang beberapa waktu berjalan Anda akan mahir dalam mengoperasikannya.
Sedangkan pada bagian kanan Oculus Rift, Anda akan menemukan tombol navigasi dengan bentuk touch pad, tombol warna putih, dan juga tombol sebagai pengaturan volume suara. Selain itu untuk bagian belakang ada tombol scroll yang berfungsi untuk mengatur jarak diantara ponsel dengan mata. Tujuan tombol tersebut adalah agar layar terasa lebih jelas.

2. Penampilan Oculus Home Lebih Menarik

Di dalam perangkat satu ini terdapat aplikasi Oculus Home yang mana memiliki fungsi sebagai antar muka agar Anda bisa menikmati berbagai macam konten dengan realitas maya. Tampilan Home ini juga cukup menarik loh. Samsung telah mendesainnya sedemikian rupa sehingga akan membawa Anda berada seperti dalam rumah mewah dan minimalis.
Pada bagian home, Anda pun bisa menemukan Store guna membeli dan juga mengunduh beberapa aplikasi dan game. Selain itu Oculus Rift dari Samsung juga menawarkan fitur Library yang bisa menampung semua unduhan baik itu aplikasi atau game.
Bukan hanya home saja yang mudah untuk Anda gunakan, namun navigasi dari alat ini mudah dioperasikan loh. Anda cukup melihat menu, aplikasi, maupun yang saat itu sedang dijalankan. Selanjutnya ketuk tombol yang berada di bagian tengah di navigasi touch pad. Apabila Anda ingin ke bagian menu yang sebelumnya, tekan tombol back yang terletak di bagian atas dari navigasi touch pad.
Walaupun semua bagian terasa mudah untuk digunakan namun ada satu bagian yang mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan. Sebab menu Home pada Oculus Rift ini tidak memberikan pembeda antara jenis game ataupun aplikasi yang gratis dengan berbayar. Bahkan aplikasi yang ada juga tidak mengurutkannya berdasarkan jumlah dari unduhan atau pun ulasan.

3. Bisa Menjelajah Dunia Virtual Dimana Saja

Masih tentang Samsung Gear VR sebagai salah satu hiburan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melepaskan penat aktivitas seharian. Beberapa aplikasi di dalamnya akan semakin membuat Anda merasakan pengalaman yang luar bisa dalam menjelajah dunia virtual secara baik.
Bodi yang dihadirkan dari Oculus Rift Samsung Gear VR ini sanga solid, jadi cukup kuat dan fleksibel untuk dibawa ke mana-mana. Bantalan yang empuk pada sekeliling daerah kening serta mata mampu kepuasan tersendiri saat Anda memakainya.

4. Aplikasi dan Game Sebagian Besar Berbayar

Mungkin Anda akan bertanya bagaimana dengan aplikasi yang disediakan pada Oculus bukan? Tenang saja kerja sama antara Oculus dengan Samsung ini telah menghadirkan berbagai macam konten menarik yang bisa Anda coba. Ya, meskipun mayoritas aplikasi dan game di dalamnya disajikan secara berbayar.
Anda tidak perlu merasa khawatir sebab ada juga kok beberapa game yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Salah satunya adalah game Temple Run VR. Seperti namanya game satu ini telah dimodifikasi sehingga, nantinya bisa Anda mainkan menggunakan headset VR.

5. Penambahan Gamepad

Jika Anda memang ingin lebih maksimal dalam menikmati beberapa jenis game yang ada pada store Oculus Rift maka Anda perlu menggunakan gamepad sebagai pendamping ketika memainkan game. Pendamping ini juga akan semakin memudahkan Anda untuk mengontrol pergerakan dari permainan. Ada beberapa jenis game yang memang mengharuskan Anda memiliki gamepad untuk bermain.

6. Memudahkan Pencarian Video

Mayoritas aplikasi yang ditawarkan pada Store ini akan semakin memudahkan Anda untuk memilih serta menonton aneka jenis video. Anda pun juga bisa melihat berbagai macam pemandangan 360 derajat. Dalam Oculus mungkin saja Anda tidak akan menemukan YouTube di Store dan sebagai alternatif mudahnya Anda bisa menggunakan aplikasi Oculus Video atau juga Vrideo.
Nah itu tadi beberapa hal yang ada pada produk gabungan dari Oculus dengan vendor ponsel besar Samsung. Jenis Oculus Rift dalam Samsung Gear VR ini akan semakin memanjakan Anda dalam dunia digital atau virtual reality.