Tips Memberikan MPASI Pertama

MPASI adalah makanan atau minuman yang diberikan untuk buah hati selain ASI. Mpasi ini mengandung banyak kebutuhan zat gizi yang sangat diperlukan bayi pada masa penyapihan dan juga diberikan bersamaan dengan pemberian ASI. Sedangkan semakin bertambahnya usia bayi, maka untuk kebutuhan bayi pada zat gizi pun juga akan mengalami peningkatan juga. Zat gizi sangat penting untuk bayi sebagai proses tumbuh dan kembang bayi maupun balita. Hal ini dikarenakan seiring dengan berjalannya waktu, produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu juga kurang optimal.
Untuk pemberian MPASI pertama untuk bayi ini dilakukan pada saat bayi sudah berusia 6 bulan. Perlu diketahui bahwa meskipun bayi membutuhkan mpasi yang berupa makanan padat, namun untuk kebutuhan ASI pun juga harus terpenuhi dengan baik pula. ASI masih dapat memenuhi pada kebutuhan gizi anak pada sekitar 80% di usia 6-9 bulan, sedangkan untuk 60% untuk bayi yang berusia 9-12 bulan. Untuk pemberian ASI diberikan untuk bayi hingga berusia 2 tahun.
Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan bayi dengan MPASI ini pun harus diberikan dengan cara yang tepat, seperti:
1. Tepat waktu.
Pada saat kebutuhan gizi dan energi pada bayi melebihi yang bisa didapatkan dari kebutuhan ASI. Sedangkan dengan bertambahnya usia bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan inilah yang menyebabkan kebutuhan bayi pada zat gizi semakin meningkat.
2. Aman.
Untuk menyiapkan MPASI baik dari hal pembuatan, untuk penyimpanan, maupun untuk pemberiannya yang memang harus higienis dan juga terjaga kebersihannya.
3. Tepat cara pemberian.
MPASI diberikan dengan sesuai respon pada rasa lapar maupun nafsu makan bayi. Dengan tekstur, dengan jumlah, dan juga frekuensi MPASI yang harus diberikan sesuai tahap perkembangan balita atau bayi sesuai dengan umur bayi.
Tujuan dari pemberian MPASI untuk bayi ini pun juga bukan hanya sebagai pemenuhan kebutuhan bayi dengan MPASI  saja, akan tetapi juga sangat penting dalam hal peningkatan maupun mengembangkan pada kemampuan bayi untuk menerima berbagai jenis dan macam makanan dengan rasa, bentuk, dan juga dengan teksturnya yang bervariasi.